Dinas Dukcapil Rokan Hulu , Sosialisasikan Kebijakan Kependudukan Kepada Seluruh Stakeholder


Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hulu, Kamis (15/9/2016) pagi, melakukan sosialisasi sekaligus melakukan koordinasi kebijakan kependudukan dan pencatatan sipil kepada aparatur Kelurahan dan Kecamatan yang ada di wilayah pemerintahan Kabupaten Rohul.

“ Data kependudukan sangat dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan,” kata Kadisdukcapil Rohul Irpan Ridho.

Hal itu dikatakannya ketika membuka secara resmi kegiatan sosialisasi dan koordinasi kebijakan kependudukan dan pencatatan sipil kepada aparatur Kelurahan/desa dan Kecamatan di Convention Hall Islamic Center Rokan Hulu.

Dengan data kependudukan yang valid, katanya, maka perencanaan pembangunan bisa diimplementasikan dengan baik dan sekaligus melakukan evaluasi.

Terkadang, tambahnya, masyarakat sering melalaikan urusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang bisa menjadi permasalahan dalam berbagai bidang.

“ Jangan sampai kalau sudah butuh, baru diurus data kependudukan dan catatan sipil,” ujarnya.

Kepala Disdukcapil Rohul, Irpan Ridho mengatakan, koordinasi yang dilakukan itu guna mengatasi permasalahan yang sering terjadi selama ini dengan data kependudukan dan cacatan sipil.

“ Kepemilikan dokumen kependudukan pencatatan sipil masih rendah dan masyarakat belum memahami pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil,” sebutnya.

Untuk itu melalui koordinasi dan sosialisasi kepada aparat kelurahan itu, dia berharap bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya data kependudukan dan catatan sipil.